Menu

Jumat, 07 Januari 2011

Masa Kecil - Masa Remaja

Waktu SD 1981
Perjalanan hidup seseorang sangat ditentukan oleh langkah reseki pertemuan dan maut. Aku dilahirkan di Lhoksukon, pada hari Selasa tanggal 5 Maret 1968. Hasil perkawinan Ayah (Muhammad Husen) dan Ibuku (Siti Bariah). Kedua orang tuaku berprofesi sebagai petani yang hidup cukup sederhana di sebuah desa yang bernama Desa Trieng Reungkam di Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara. Aku menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Arakeumudi Kecamatan Lhoksukon. Jarak sekolah dari rumah orang tuaku berkisar 5 KM. Waktu itu hanya dapat ditempuh dengan perjalanan kaki. Hal ini kulakukan karena kehidupan orang tuaku yang sangat serba kekurangan. Aku ke sekolah bersama dengan ke dua orang kakakku. Kata orang-orang aku termasuk anak yang nakal tapi penurut. Walaupun begitu aku mampu menamatkan Sekolah Dasar tersebut pada tahun 1981 dengan nilai yang cukup pas-pasan. Sejak kecil aku selalu membantu orang tua yang berkerja di sawah dan berkebun.

Aku senang bermain dengan teman-temanku, mungkin itu yang menyebabkan nilai belajarkan di SD sangat memprihatinkan. "wate ubit keuh, gadoh keumawe lam paya" (waktu kecil aku sering mencari ikan dengan memancing dirawa) itu kata ibuku. Kelas III SD aku pindah ke Lhoksukon, ikut membantu abang kandungku berdagang sambil tetap sekolah sampai jenjang SMA. Setelah tamat SD aku diterima di SMP Negeri 1 Lhoksukon. Waktu masih duduk di kelas I SMP, toko tempat kami berdagang mengalami musibah kebakaran. Semua isi dagangan ludes dimakan api. Namun dengan tertatih-tatih kami mencoba bangkit. Melalui pinjaman dari berbagai pihak, musibah yang terjadi kami jadikan awal untuk sukses. Alhamdulillah waktu itu, kami mendapat kepercayaan dari toke di Medan. Namun kebiasaan nakal ku tetap berlangsung sebagaiaman biasanya. Kalau di Kampung aku sering ke rawa, selama di Lhoksukon aku sering ke sungai. Hobiku berenang dan mencari "peng-peng" (lokan) di sungai. Malam hari seringkali kami memancing udang galah. Hasilnya kami buatkan mie udang, yang memang sangat lezat rasanya.
Waktu SMP 1983
Waktu berjalan sebagaimana mestinya, walau sangat nakal aku juga tamat SMP dengan hasil lumayan baik. SMP Negeri 1 Lhoksukon aku tamatkan tahun 1983, dan setelah itu aku lanjutkan ke jenjang SMA. Sejak diterima di SMA, bakat olahragaku muncul. Teman-teman menyuruhku menjadi instrukstur senam di sekolah. Jarak SMA dengan tempatku tinggal sejauh 2 KM, dan itu aku tempuh dengan perjalanan kaki. Alhasil SMA dapat aku tamatkan dengan angka yang cukup baik. Aku termasuk anak yang lulus dalam kelompok 5 besar dalam kelasku. Waktu SMA aku memilih Jurusan Ilmu-ilmu Biologi. Waktu SMA hampir tidak ada waktu untuk bermain. Kegiatan olahraga hanya dapat aku lakukan pada pagi hari setelah shalat Subuh. Biasanya aku sering jogging sampai ke Landing (5 KM dari Lhoksukon), disamping itu juga sedikit push up, sit up dan sedikit senam untuk pemanasan. Walau sudah di SMA, kebiasaan lamaku masih tetap berlangsung. Kami masih tetap bermain di sungai. Pulang sekolah, dengan sedikit curi waktu dari tempat aku berdagang, langsung ke sungai. Kadang-kadang waktu azan Magrib acara bermain tersebut baru selesai. Tak terhitung berapa banyak aku mendapat omelan dari abangku. (hehehe...)
Saat menjelang tamat SMA, teman-teman mengajak untuk mengikuti latihan beladiri. Waktu itu aku pilih Pencak Silat sebagai ilmu beladiri yang menurutku baik. Malam hari kami sering latihan setelah usai mengaji, dan Alhamdulillah sampai tamat SMA, kami masih tetap latihan Pencak Silat dengan rutin. Kami sering diadu fisik dengan senior. Kala pulang seringkali kakiku bengkak. Pada tahun 1987 aku dapat menamatkan SMA Negeri 1 Lhoksukon, dan setelah itu mengikuti tes SIPENMARU di Universitas Syiah Kuala. Alhamdulillah aku lulus dengan baik. Walau lulus, aku masih kecewa. Aku berharap dapat lulus pada Program Studi Pendidikan Biologi atau Pendidikan Matematika. Ternyata Allah berkehendak lain, aku lulus di Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Walau sangat berat hati, aku tetap kuliah dengan baik....

5 komentar:

  1. pak rambutnya gaya kapan tuch... jadoel....

    BalasHapus
  2. dlu itu udh keren x.., hehehehe

    BalasHapus
  3. Wajah wajah Polos jinoe ka meucureh2

    BalasHapus
  4. Keahlian waktu SD mat parang, keu meurumput empeung ticem

    BalasHapus
  5. Salam

    Bermacam-macam akhlak sahabat dan isteri (Nabi saw) terhadap Nabi saw yang disembunyikan:

    https://drive.google.com/file/d/1BIERBFIAAzJr_0inSWbjkMSRKfCv5qMe/view?usp=drivesdk sila copy jika mahu.

    Terima kasih was Salam.

    BalasHapus